Peranan Interpersonal Skill

Ciri Hubungan Dengan Dunia Maya


Dunia maya adalah Media elektronik yang di pakai dalam media komunikasi untuk menyebarkan informasi atau untuk membuat informasi kepada seluruh pengguna internet. Dan bisa untuk  mengontrol, sinyal, dan lain - lain...
Dunia maya itu sendiri memiliki peran yang tersendiri dalam kemajuan jaman atau jaman teknologi  khusus nya di bidang media elektronik. Dunia maya itu sendiri mempunyai sisi positif dan sisi negatif bagi pengguna nya.

Untuk di sisi positif nya dunia maya itu mempunyai banyak manfaat dan banyak mempunyai ilmu yang baru di pelajari.

1. Toleransi


Toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleransi menghindarkan terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.


2. Kesempatan yang seimbang

Kesempatan yang seimbang di semua bidang adanya kesempatan yang seimbang di semua bidang bagi berbagai golongan masyarakat dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda akan mempercepat proses asimilasi.Dengan demikian, masing-masing individu mendapat kesempatan yang sama untuk mencapai kedudukan tertentu atas dasar kemampuan dan jasa-jasanya. Proses asimilasi dipercepat oleh adanya kenyataan yang demikian sehingga dapat menetralisir perbedaan-perbedaan dan kesempatan yang diberikan sebagai peluang oleh kebudayaan-kebudayaan yang berlainan tersebut.


3. Sikap menghargai orang lain


Sikap saling menghargai orang lain yang didukung oleh diri sendiri dalam yang mengakui kelemahan dan kelebihannya orang lain.


4. Sikap mendukung bukan bertahan

sikap mendukung bukan bertahan adalah sikap mendukung kita dalam dunia maya dan yang membuat kita jadi lebih mendukung seorang untuk mendukung atau memajukan untuk di bidang sesuatu yang berguna untuk membuat kita jadi lebih bisa mendukung sesuatu,


5. Sikap terbuka

Sikap terbuka adalah sebuah sikap atau sifat diri kita dalam dunia maya atau dunia masyarakat untuk lebih terbuka dalam memberikan ilmu atau sebuah pembelajaran yang berguna untuk banyak orang.


6. Pemilikan bersama

Pemilikan berasama adalah suatu hak milik bersama dan bukan individu dalam melakukan sesuatu yang berguna dan tidak boleh egois dan harus terus memperdulikan orang lain dalam suatu bidang itu.


7. Kepercayaan

Kepercayaan adalah kemauan seseorang untuk bertumpu pada orang lain dimana kita memiliki keyakinan padanya. Kepercayaan merupakan kondisi mental yang didasarkan oleh situasi seseorang dan konteks sosialnya. Di dalam era digital atau era sekarang manusia sudah tidak mudah percaya terhadap seorang dalam suatu hal. Di dalam organisasi itu perlu adanya kepercayaan orang atau anggota guna untuk membangun organisasi berkembang atau untuk memajukan sesuatu.


8. Keakraban

Keakraban adalah suatu hal yang lebih mendalam dalam membangun pertemanan anda dengan teman anda. Namun di era sekarang keakraban cuma bisa di rasakan dalam dunia maya atau dunia tidak nyata, akan tetapi dalam dunia asli atau dunia nyata itu sulit di dapat keakraban yang lebih dan jika sedang berkumpul bukan nya ngumpul malah sibuk masing - masing dan tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya.


9. Mengenal secara lebih dekat

Mengenal secara lebih dekat adalah dimana anda atau sebagai pengguna anda perlu mengenal yang anda gunakan dalam menggunakan applikasi atau media sosial itu sendiri... Dimana di dalam nya dunia maya itu memiliki dua sifat, diantara nya :

Sisi Positif : 
A. Berguna menyebarkan informasi positif yang diperlukan orang - orang
B. Bisa mempunyai pengalaman baru
C. Menyebarkan ilmu yang baru..

Sisi Negatif : 
A. Bisa di salah gunakan dalam menyebarkan informasi yang salah atau hoax
B. Membuat pembaca, & pengguna yang melihat atau membaca website tersebut
C. Menjadi isu yang bisa menggentarkan dunia dengan dunia maya.


10. Pola hubungan antar pribadi 

Pola hubungan antar pribadi adalah sebuah hubungan antar sifat pribadi si pengguna dunia maya dengan dengan dunia nyata. Namun dengan adanya sisi positif dan sisi negatif, kita tau bahwa tidak semua sosial media baik bagi diri kita ataupun bagi diri orang lain... 


11. Saling memerlukan

Saling memerlukan adalah dimana kita memerlukan dunia maya untuk berkomunikasi atau saling memperlengkapin antara manusia dengan teknologi untuk memperluas ilmu manusia dalam mengembangkan suatu teknologi melalui dunia maya.


12. Kerjasama 

Kerjasama adalah Kerjasama, atau kooperasi merujuk pada praktik seseorang atau kelompok yang lebih besar yang bekerja di khayalak dengan tujuan atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja secara terpisah dalam persaingan 
Walau begitu, beberapa bentuk kerja sama bersifat ilegal karena mengubah sifat akses orang lain pada sumber daya ekonomi atau lainnya. Sehingga, kerja sama dalam bentuk kartel bersifat ilegal, dan penetapan harga biasanya ilegal. 


Terdapat lima bentuk kerjasama, sebagai berikut :
  1. Kerukunan. Bentuk kerjasama ini berbentuk gotong royong dan tolong menolong antar individu. 
  2. Bargaining. Bentuk kerjasama ini merupakan perjanjian pertukaran barang atau jasa antara dua organisasi atau lebih.
  3. Kooptasi. Bentuk kerjasama ini merupakan proses penerimaan hal-hal baru dalam kepemimpinan dan pelaksanaan politik dalam suatu organisasi agar menjadi lebih seimbang.
  4. Koalisis. Bentuk kerjasama ini merupakan perpaduan antara dua organisasi atau lebih yan mempunyai tujuan yang sama.
  5. Joint Venture. Bentuk kerjasama ini terjadi dalam proyek-proyek besar utnuk menyukseskan suatu tujuan yang membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak dengan latar belakang yang berbeda.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Bisnis yang Akan Berkembang Pesat di Masa Depan

Cara Mengubah Sifat yang Tertutup Menjadi Sifat yang Terbuka